Jumat, 29 Agustus 2008

Apa saja yang perlu disiapkan dalam audit?

Audit? Siapa sih yang tidak tahu audit? Rasanya setiap orang tahu apa itu audit. Tetapi apa setiap orang tahu apa pengertian audit? Untuk lebih jelasnya, menurut ASOBAC (A Statement of Basic Auditing Concept) audit adalah suatu proses yang sistematik untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara obyektif mengenai pernyataan tentang kejadian dan tindakan ekonomi untuk dapat menentukan tingkat kesesuaian antara suatu pernyataan tersebut dengan criteria yang ditetapkan dan untuk menyampaikan hasilnya kepada pemakai yang berkepentingan.

Setiap tahun laporan keuangan Yayasan KEHATI diaudit oleh auditor independen/eksternal. Audit ini tidak saja meliputi audit untuk KEHATI secara lembaga, tetapi juga audit kepada mitra-mitra KEHATI. Pemilihan mitra ini ditentukan oleh auditor. Biasanya audit dilakukan untuk mitra-mitra programatik atau mitra-mitra dengan dana diatas Rp 100 juta dengan jangka waktu lebih dari enam bulan.

Laporan keuangan yang perlu disiapkan mitra adalah laporan keuangan yang terkait dengan dana yang diterima dari KEHATI yang meliputi Laporan Posisi Keuangan, laporan Aktivitas dan laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana. Selain laporan keuangan, sebelum diaudit, auditor akan meminta mitra KEHATI untuk mempersiapkan bahan-bahan lain yang diperlukan untuk diaudit. Apa saja yang perlu disiapkan oleh dalam audit?

· Akta pendirian (jika ada)

Tidak semua mitra KEHATI berbentuk badan hukum, sehingga akta pendirian bukanlah suatu keharusan.

· Buku besar pengeluaran atau laporan penggunaan dana per bulan pada tahun berjalan.

· Bukti-bukti pendukung (bukti pengeluaran kas/bank, bukti penerimaan kas/bank, invoice, kwitansi, dll), buku kas dan buku bank, rekening koran/buku tabungan sehubungan dengan dana yang diterima dari Yayasan KEHATI.

· Kontrak kerja karyawan untuk karyawan yang gajinya dibebankan kepada dana yang diterima dari KEHATI

· Kontrak sewa kantor/kendaraan (jika ada sewa yang dibebankan kepada dana yang diterima dari KEHATI).

· Daftar aktiva tetap (terutama untuk aktiva tetap yang dibeli dengan dana dari Yayasan KEHATI). Maksudnya disini adalah pembelian barang yang bisa disusutkan setiap tahunnya, seperti bangunan, komputer, LCD, Mesin olah kopi, dll.

· Laporan keuangan dan bukti-bukti pendukung untuk pengeluaran kontribusi mitra sendiri yang jumlahnya sesuai dengan yang tercantum dalam masing-masing perjanjian antara mitra dengan Yayasan KEHATI (jika ada disebutkan kontribusi lembaga dalam perjanjian).

· Internal policies/kebijakan internal tertulis mengenai SOP keuangan dan akuntansi (jika ada).

Tidak semua mitra KEHATI mempunyai SOP Keuangan dan Akuntansi karena cukup banyak mitra KEHATI yang berbentuk kelompok masyarakat.

· laporan naratif/laporan progress/laporan aktivitas/kegiatan untuk program yang berlangsung (data-data dalam laporan kegiatan ini harus dapat dibandingkan dengan data-data dalam laporan keuangan).

Sepertinya cukup banyak dan merepotkan yang harus dipersiapkan oleh mitra KEHATI ya. Tetapi sebenarnya itu tidak banyak kalau memang sebelumnya mitra melakukan tertib administrasi dan mengetahui betapa pentingnya bahan-bahan tersebut diatas untuk mereka sendiri.

Sebelum tulisan ini ditutup, ada baiknya kita mengetahui apa saja manfaat audit bagi mitra:

- Memberikan kredibilitas dan kepercayaan atas laporan keuangannya

- Mengurangi kecurangan

- Dasar dalam pengambilan keputusan

- Membuka peluang masuknya donor baru

So guys….no doubt for audit!!!

Jakarta 23 Juli 2008

1 komentar:

Zainal Abidin mengatakan...

hei, many thanks buat commment-nya

wah anda abis dari tempat
kelahiran saya dunk ;)

jadi pengen pulang deeehhh